Pelatihan Menjahit Tingkat Lanjut untuk Ragam Pengembangan Produk Tenun bagi Penjahit Kelompok Bomba Kumbaja

SKP-HAM Sulteng menggelar pelatihan Menjahit Bagi Kelompok penjahit Bomba Kumbaja selama empat hari (dari tanggal 18 Januari berapa sampai tanggal 21 Januari 2018). Pelatihan ini didukung oleh Program Peduli dan difasilitasi oleh Wiraswati Yuliani dari Lawe Indonesia. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini sendiri adalah untuk mengevaluasi hasil jahitan produk kembangan tenun karya anggota penjahit kelompok bomba kumbaja dan mempelajari tehnik jahit produk baru.
Dari pelatihan ini diharapkan meningkatnya kapasitas dari kelompok penjahit bomba kumbaja dalam hal mengembangkan berbagai jenis produk bukan hanya pengembangannya namun juga lebih pada meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan.
Pada penutupan pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Dinas UMKM, Koperasi & Tenaga Kerja Bapak Sudaryano Lamangkona. Dalam sambutannya, ia sangat mengapresiasi perjuangan SKP-HAM yang telah mengorganisir dan mempertemukan para Stakeholder pengrajin dari penenun, penjahit dan perancang produk. Selain itu ia juga sangat mengapresiasi para ibu-ibu kelompok bomba kumbaja yang masih tetap berkarya dan berkreatifitas meskipun sudah lansia. ia juga berharap Kelompok bomba kumbaja ini bisa memproduksi produk bukan hanya dari bahan kain tenun tetapi juga dari bahan kain lainnya.
Rencana kedepanya, hasil karya dari kelompok ini akan diikutkan pada pameran produk yang diselenggarankan oleh PNM pada bulan februari 2018 pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan cara mengakses modal dan costing. Selain pameran Kepala Dinas juga memintah dua orang perwakilan dari kelompok untuk dilatihan tentang pemasaran online yang akan diselenggarakan pada bulan Maret 2018.

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Korta Desmayanto

Leave a comment