26.5 C
Palu
30/11/2020
Beranda » Memutus Rantai Impunitas
Buku Media

Memutus Rantai Impunitas

Judul           :  Menemukan Kembali Indonesia
Tebal           :   vii + 373 halaman
Format       :  20×27 cm
Cetakan      :  Pertama, 2014
ISBN/ISSN  :  978-602-14209-8-0
Diterbitkan oleh Koalisi untuk Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK)

Koalisi untuk Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK) bekerja semenjak tahun 2008. KKPK mendorong pembentukan sebuah komisi kebenaran, mengkritisi, dan mendampingi lembaga negara yang menulis ulang Undang-Undang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi yang dianulir oleh Mahkamah Konstitusi pada tahun 2007.  Namun, setelah sekian lama menanti tanpa hasil, KKPK berinisiatif untuk menggelar proses pengungkapan kebenaran yang disebut Tahun Kebenaran. Pada Tahun Kebenaran, KKPK mendokumentasikan sejumlah peristiwa kunci dengan tema kekerasan terhadap perempuan, kekerasan dan operasi militer, perampasan sumber daya alam, kekerasan terhadap pembela HAM, kekerasan yang dilakukan dengan alasan perbedaan ideologi dan agama, dan kekerasan atas nama ketertiban umum.

KKPK diperkaya dan disemangati oleh 930 peristiwa kekerasan yang berhasil didokumentasikan, diverifikasi dan dikonsolidasikan ke dalam database oleh organisasi anggota KKPK, yang mencakup 3.396 korban (yang terdiri dari 2.706 laki-laki, 529 perempuan dan 161 orang tidak diketahui/tidak tersedia informasi). KKPK juga berhasil menyusun 140 narasi kasus dan 72 kesaksian yang didengarkan secara langsung dari para korban dan saksi di Jakarta, Solo, Palu, Kupang, Papua, dan Aceh.

Harapannya, “Menemukan Kembali Indonesia: Suara Korban Membebaskan Belenggu Kekerasan Masa Lalu’ bisa menjadi inspirasi untuk membuka hati dan pikiran kita untuk mengakui kebenaran, dan memanfaatkannya sebagai landasan untuk membangun bangsa tempat kita bisa hidup bersama dan kebebasan.***

Tulisan terkait

Saatu Mombine Padagi – 100 Perempuan Tangguh

SKP-HAM Sulteng

Merajut Harapan, Memperjuangkan Hak

SKP-HAM Sulteng

HAM dalam Keseharian

SKP-HAM Sulteng

Tinggalkan Komentar