Kelompok Perempuan Pebisnis Rumah Tangga Kabupaten Sigi di Latih Tentang Cara Pengembangan Usaha

Sebanyak 250 orang perempuan peyintas-pebisnis rumah tangga di 5 Desa Kabupaten Sigi  berkumpul dan belajar bersama pada  kegiatan seminar & workshop usaha yang diselenggarakan oleh SKP-HAM dan PARCIC pada Kamis 23 Januari 2020 bertempat di Gedung  Pertemuan wisata permandian air panas Desa Bora. Pemerintah Kabupaten Sigi dalam hal ini Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, DP3A dan PKK Kab. Sigi juga ikut terlibat sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.

Kegiatan seminar dan workshop usaha ini merupakan salah satu kegiatan yang sudah di agendakan sebelumnya pada program livelihood dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada perempuan penyintas atau pelaku usaha dalam pengembangan usaha yang sudah ataupun baru akan dirintis.

Dalam sambutannya, ibu Syrifa Nanang dari Dinas Sosial Kabupaten Sigi sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh SKP-HAM dan PARCIC, di kegiatan ini beliau menginformasikan tentang program usaha yang sudah dilakukan oleh Dinas Sosial pasca bencana diantaranya adalah program: 1]. Pelatihan usaha kepada perempuan dan kepala keluarga pelaku usaha 2]. Penyaluran bantuan usaha kepada KUBE (kelompok usaha bersama). 3]. Pembentukan dan pemberian modal usaha kepada perempuan muda. 

Selain dari Dinas Sosial, perwakilan dari Dinas Kesehatan (Ibu dr. Rika), DP3A ((bu Hj,Sitti Sudarmi, Sp., M.Si) dan PKK Kab. Sigi (Ibu Ince Ammas) juga meberikan semangat kepada ibu-ibu pelaku usaha dan sangat mendukung program yang dilakukan oleh SKP-HAM dan PARCIC.

Suasana Kegiatan Belajar

Sekjend SKP-HAM Sulteng (Nurlaela) Memberikan Pengantar Materi Pengembangan Usaha

 

Untuk mengembangkan usahanya, peserta ini akan dibekali pengetahuan tentang pengembangan usaha (inovasi usaha, pemasaran), dan cara menghitung resiko usaha seperti menghitung modal usaha (biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya oprasional), menghitung HPP (harga pokok produksi), menghitung nilai susut dan menyusun buku kas usaha. Kami berharap apa yang sudah diajarkan kepada masing-masing kelompok ini bisa bermanfaat bagi mereka untuk mengembangkan usaha yang sudah ataupun baru akan dirintis.  

Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari kedepan Minggu, 26 Januari 2020. Peserta yang sebelumnya sudah dibagi dalam kelompok belajar masing-masing Desa akan belajar secara bergantian. Dimulai dari kelompok Desa Namo, kemudian dilanjutkan kelompok dari Desa Sidera-Soulowe, dan di hari terakhir kelompok dari Desa Potoya-Karawana

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Desmayanto

Leave a comment