SKP-HAM Gelar Diskusi Jitu Pasna

Arisan ilmu padagimo merupakan pertemuan atau diskusi rutin yang dilakukan oleh NGO-NGO lokal maupun Nasional yang tergabung dalam forum PRB Kabupaten Sigi dengan tujuan untuk berbagi pengetahuan yang dimiliki oleh masing-masing lembaga yang bekerja dalam penanggulangan bencana.

SKP-HAM Sulteng merupakan organisasi korban pelanggran HAM yang ikut tergabung dalam Forum tersebut. melalui forum ini SKP-HAM menggelar diskusi arisan ilmu padagimo dengan topik pengkajian kebutuhan pasca bencana (jitu pasna) yang di fasilitasi oleh  Mambaus Suud dari UNDP Indonesia.

Diskusi ini  dilaksanakan pada Sabtu, 19 Januari 2020 pukul 19.30 Wita bertempat Kedai Fabula Jl. Basuki Rahmat Lrg Saleko II yang diikuti oleh  20 orang peserta dari perwakilan NGO Lokal & Nasional yang tergabung di Forum tersebut, Tujuan diskusi ini adalah untuk berbagi pengetahuan pada bidang rehabilitasi dan rekonstruksi khusunya tentang pengkajian kebutuhan pasca bencana.  

Suud panggilan akrabnya sebagai fasilitator memberikan pengantar diskusi mengenai manajemen rehabilitasi dan rekonstruksi yang didalamnya juga menjelasakan tentang jitu pasna. Dalam pengatarnya Suud menjelaskan bahwa ada 5 Ruang lingkup rehabilitasi dan rekonstruksi yang terkandung dalam peraturan kepala BNPB no. 6 tahun 2017 yaitu: pengkajian kebutuhan pasca bencana, penyusunan rencana rehabilitasi dan rekonstruksi, pengalokasian sumber daya dan dana, pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi, dan monitoring dan evaluasi serta pelaporan.     

Diskusi ini berjalan dengan baik dan lancar peserta yang hadir sangat antusias saling berbagi pengetahuan khusunya berkaitan dengan jitu pasna dan pengalaman selama menjalankan program dari masing-masing lembaga.  

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Korta Desmayanto

Leave a comment