Remaja Soulowe Beramai-Ramai Belajar Membuat Film

SKP-HAM Sulteng melalui tim penggerak pada program rekonstruksi berbasis komunitas di Desa Soulowe menggelar Pelatihan Dasar Pembuatan Film. Pelatihan ini dilaksanakan pada Rabu 11 September 2019 bertempat di Kantor Desa Soulowe. Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan sebelumnya yang disepakati bersama akan dilaksanakan.

Peserta yang terlibat adalah remaja yang berada di empat dusun di desa Soulowe di tambah dengan Mahasiswa dari Universitas Tadulako Palu yang kebetulan sedang melaksanakan studi KKN di Desa Soulowe. Kegiatan ini difasilitasi oleh Moh. Syafari Firdaus yang merupakan relawan dari SKP-HAM Sulteng.

Pelatihan ini akan berlangsung selama 7 kali pertemuan dengan harapan agar para remaja ini memiliki pengetahuan dasar tentang cara pembuatan film, diantaranya adalah bagaimana cara menyusun cerita, pengambilan gambar yang baik, hingga pada tahap editing. Tema yang diangkat pada pelatihan ini yaitu dokumentasi jejak bencana di Desa Soulowe

Dalam sambutannya, Kepala Desa Soulowe Bapak Sujono memberikan motivasi kepada remaja agar belajar dengan serius dan konsisten.“kapan lagi kita mendapatkan ilmu secara gratis, kita cuma butuh modal kemauan belajar saja, tidak perlu bayar, jadi saya minta kepada anak-anakku agar jangan sia-siakan kesempatan ini siapatau dari sini kalian bisa jadi pembuat film yang hebat. Ungkapnya…” Selain memotivasi para remaja ini beliau sangat berterima kasih kepada Pihak SKP-HAM yang sudah mengadakan kegiatan ini, kegiatan semacam ini baru kali pertama dibuat untuk remaja di Soulowe.

Pertemuan awal ini berlangsung dengan riang gembira, para remaja antusias mendiskusikan beberapa video atau film yang sudah ditonton sebelum sesi pelatihan dimulai. Salah satu film yang menarik dan memberikan informasi yang sesuai dengan kondisi desa mereka adalah film tentang peta air bersih di merauke. Harapanya melalui pelatihan ini jejak-jejak bencana yang ada di Desa Soulowe bisa terdokumentasikan melalui film.

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Korta Desmayanto

Leave a comment