24.9 C
Palu
23/09/2020
Buku Media

HAM dalam Keseharian

Judul               :  Hak Asasi Manusia di dalam Kehidupan Sehari-Hari
Penulis           :  Tim SKP-HAM Sulawesi Tengah
Penyunting   :  Moh. Syafari Firdaus
Penerbit         :  SKP-HAM Sulawesi Tengah
Halaman        :  xiv + 85 halaman
Format           :  7 x 10,5 cm
Tahun Cetak :  Cetakan ke-2, 2017
 

Sampai saat ini, hal-hal yang berkenaan dengan hak asasi manusia (HAM) masih kerap disalahpahami. Ada yang menganggap, HAM adalah “produk Barat” yang oleh karenanya tidak sesuai dengan “nilai-nilai ketimuran Indonesia”. Sering pula ada yang berujar, “Gara-gara ada HAM, kita jadi tidak bisa mendidik anak!”

Pertanyaannya, apakah benar HAM tidak sesuai dengan nilai-nilai yang kita miliki? HAM itu membelenggu sehingga kita tidak bisa berbuat sebagaimana yang kita hendaki?

Buku saku ini memang tidak menjawab secara langsung pertanyaan-pertanyaan tersebut. Buku saku ini hanya mencoba untuk memaparkan secara singkat hal-ihwal yang berkenaan dengan HAM dalam pemahaman yang paling dasar. Apa itu hak asasi manusia, prinsip-prinsip pokok hak asasi manusia, konsep kewajiban dan tanggung jawab negara, dan pemaparan ringkas tentang apa itu pelanggaran HAM, merupakan sejumlah hal yang dikemukakan di dalam buku ini.

Hal yang ingin digaris bawahi dalam buku saku ini, HAM itu sesungguhnya merupakan bagian dari keseharian hidup kita; dan nilai-nilai yang tercakup di dalam HAM merupakan nilai-nilai kemanusiaan yang layak untuk dipromosikan dan ditegakkan demi kemanusiaan itu sendiri.

Selain itu, karena HAM kini sudah diakui sebagai hak konstitusional, buku inipun sedikit-banyak memaparkan tentang hak-hak apa saja yang dimiliki oleh warga dan telah dijamin oleh negara.

Sebagai organasi korban yang menaungi korban dan keluarga korban pelanggaran HAM yang berada di Sulawesi Tengah, SKP-HAM Sulteng merasa perlu untuk menerbitkan buku saku tersebut agar sedikit-banyak bisa memaparkan pemahaman dasar mengenai HAM. Bagaimanapun, hal tersebut penting untuk dilakukan karena, sebagai organisasi yang wilayah kerjanya terkait dengan HAM, mengetahui dan memahami dasar-dasar HAM menjadi suatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar.

Meskipun bukan berarti menutup kemungkinan untuk dibaca oleh khalayak luas, buku saku ini memang lebih dimaksudkan sebagai bahan bacaan bagi mereka yang terlibat di SKP-HAM Sulteng, terutama bagi korban dan keluarga korban pelanggaran HAM. Harapannya, siapapun yang terlibat dalam kerja-kerja HAM akan memiliki pengetahuan dan pemahaman dasar HAM yang bisa kami promosikan dan kami aplikasikan, baik dalam hidup keseharian maupun kerja-kerja pengorganisasian.***

Buku saku HAM di dalam Kehidupan Sehari-Hari, silahkan unduh di sini.

Related posts

Merajut Harapan, Memperjuangkan Hak

SKP-HAM Sulteng

Hanya Engkau yang Kunanti

SKP-HAM Sulteng

Video Pendek DUHAM

SKP-HAM Sulteng

Tinggalkan Komentar

ajax-loader