24.9 C
Palu
24/09/2020
Buku Media

Penelitian dan Verifikasi Korban ’65 di Kota Palu

Judul        :  Ringkasan Eksekutif Penelitian dan Verifikasi Korban Pelanggaran HAM Peristiwa 1965/1966 di Kota Palu
Penulis    :  Moh. Syafari Firdaus, dkk.
Penerbit  :  Bappeda Kota Palu & SKP-HAM Sulteng
Format    :  14 x 21 cm
Tebal       :  x + 54 halaman
Tahun      :  Mei, 2015
 

Buku ini merupakan ringkasan eksekutif dari penelitian dan verifikasi terhadap korban pelanggaran hak asasi manusia Peristiwa 1965/1966 di Kota Palu yang dilakukan untuk memenuhi mandat dari Peraturan Walikota Palu Nomor 25 Tahun 2013 tentang Rancangan Hak Asasi Manusia Daerah. Penelitian dan verifikasi ini sendiri digagas oleh Pemerintah Daerah Kota Palu—yang diwakili Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palu—dengan Solidaritas Korban Pelanggaran Hak Asasi Manusia (SKP-HAM) Sulawesi Tengah sebagai bagian dari masyarakat sipil. Di dalam pelaksanaannya, proses penelitian ini dibantu pula oleh Norwegian Human Righs Fund (NHRF) dan Asia Justice and Righs (AJAR).

Tujuan dasar dari penelitian dan verifikasi tersebut adalah untuk mengetahui secara pasti warga Kota Palu yang menjadi korban Pelanggaran HAM terkait dengan Peristiwa 1965/1966. Data terverifikasi yang berkenaan dengan korban pelanggaran HAM Peristiwa 1965/1966 menjadi penting dan diperlukan karena akan menjadi dasar bagi Pemerintah Daerah Kota Palu untuk merancang dan melaksanakan program-program pemenuhan HAM bagi para korban pelanggaran HAM sebagaimana yang dimandatkan oleh Perwali Palu No.25/2013.

Penelitian dan verifikasi ini pun sekaligus ingin menggali keterkaitan antara proses rekonsiliasi dan, harapan lebih lanjutnya, penyelesaian kasus pelanggaran HAM terkait Peristiwa 1965/1966 yang kini tengah diupayakan di Kota Palu dengan konteks historis dan sosio-kultural masyarakat Kota Palu. Oleh karena itu, penelitian dan verifikasi ini bertolak dari dua perspektif. Selain bertolak dari perspektif hak asasi manusia, perspektif historis dan sosio-kultural akan dijadikan pula sebagai pijakan kerangka berpikirnya.***

 

Ringkasan Eksekutif – Hasil Penelitian dan Verifikasi Korban Pelanggaran HAM Peristiwa 1965/1966 di Kota Palu, silahkan unduh di sini.

 

Related posts

Sulawesi Bersaksi: Tuturan Penyintas Tragedi 1965

SKP-HAM Sulteng

HAM dalam Keseharian

SKP-HAM Sulteng

Merajut Harapan, Memperjuangkan Hak

SKP-HAM Sulteng

Tinggalkan Komentar

ajax-loader